Wazawai Aku no Avaron – Chapter 041


Chapter 041 – Obaba Shop (Toko Obaba)

 

“Tanduk!? Kamu bukan manusia, kan?”

“Aku disebut iblis, lho”

Seorang wanita ceria dengan kehadiran yang kuat menjawab pertanyaan sambil tersenyum.

Dia memiliki tanduk hitam besar yang melingkar di kedua sisi kepalanya.

Namanya adalah “Furufuru”.

Ketika kau menyelesaikan quest tertentu, dia menjadi lebih dekat denganmu dan mengungkapkan namanya.

Dia adalah NPC yang akrab bagi para pemain game.

Meskipun penampilannya menawan dan anggun, dia sudah berusia ribuan tahun dan berfungsi sebagai wanita tua bijak yang menjawab berbagai pertanyaan tentang dungeon ini.

Di antara para pemain, dia dijuluki “Obaba”, tapi kau gak boleh sekalipun mengatakan itu di depannya, karena dia akan menggunakan serangan satu pukulan yang hampir membuatmu mati.

Dia sangat kuat.

Di DunEx, ada iblis yang menjalankan toko dan berbagai ras yang membantu para petualang.

Meskipun deskripsi mereka mungkin tidak ditemukan di dunia ini, makhluk seperti Furufuru seharusnya ada.

Bijaksanalah untuk memperdalam persahabatan dengan mereka, mengingat masa depan.

“Maaf, bisakah aku melihat barang-barangmu?”

“Tentu, silakan lihat-lihat”

Di dalam toko, serta di field di depannya, tidak ada petualang yang terlihat, dan seluruh area sepi.

Namun, rak-rak diisi dengan berbagai macam barang seperti senjata, baju besi, aksesori, dan ramuan.

Hanya ada sedikit toko di Guild Petualang dengan seleksi seperti ini.

Mereka mungkin tidak memperhatikan keuntungan, tapi aku juga tau kalau mereka tidak akan memberikan diskon apa pun.

“Whoa! Mithril?”

“Ini terbuat dari paduan mithril”

Kano mengambil pedang pendek perak yang kusam dan menunjukkannya padaku.

Mithril juga dikenal sebagai “magic silver” dan memiliki kekerasan yang sangat tinggi dalam bidang sihir.

Namun, jika dibawa keluar dari bidang sihir, itu hanya menjadi silver biasa tanpa sifat khusus.

Dalam hal itu, itu menjadi logam yang lembut dan berat, jadi penanganannya memerlukan kewaspadaan.

Dan paduan mithril diciptakan dengan mencampur sedikit mithril ke dalam perak yang lunak, memberikannya kekerasan yang lebih tinggi daripada baja biasa.

Ini adalah peralatan populer bagi petualang antara level 10 hingga 30.

Pedang pendek yang ditunjukkan oleh adikku terbuat dari paduan mithril, tapi sama sekali tidak mengandung mithril.

Lebih dari 99% itu adalah perak.

Namun, karena perak bukan logam murah, bahkan senjata sebesar ini akan dijual dengan harga lebih dari satu juta di Guild Petualang.

Di sisi lain, ada juga senjata dan armor murni mithril yang terbuat dari 100% mithril.

Mereka sangat keras, cukup ringan untuk mengapung di air, dan memiliki ketahanan terhadap sihir, membuatnya menjadi bahan yang sangat bagus untuk pedang sihir dan armor.

Kekurangannya adalah mereka sulit didapatkan dan bisa menjadi sangat mahal.

Hanya dengan memikirkan berapa banyak harganya di lelang saja sudah cukup menakutkan.

Sementara Kano mengagumi armor itu, aku meminta layanan pemulihan gangguan status kepada Furufuru.

Mereka juga menjual ramuan untuk pemulihan gangguan status, tapi lebih hemat biaya untuk meminta Furufuru menggunakan sihir penyembuhan.

“Pemulihan gangguan status, ya? Itu akan menghabiskan 3 lill, apakah itu tak masalah?”

“Ini dia. Terima kasih banyak”

Istilah “lill” merujuk pada unit mata uang dungeon.

1 lill setara dengan 1 koin tembaga dungeon.

Saat ini, aku punya 38 koin tembaga dan 1 koin emas yang ditemukan dari bos lantai 7, total 138 lill.

Furufuru mengelap tangan di depanku.

Hanya dengan tindakan itu, semua benjolan dan pembengkakan di tubuhku menghilang, dan mati rasa yang menyebar ke kakiku perlahan menghilang.

Untuk memastikan apakah kondisinya telah membaik, Furufuru menyipitkan matanya yang emas, memeriksa seluruh tubuhku, dan segera memiringkan kepalanya bingung.

Sepertinya masih ada beberapa ketidaknormalan yang tersisa, jadi kali ini dia meletakkan jari telunjuknya di dahinya dan mengalirkan kekuatan sihir ke dalam tubuhku.

Secara perlahan, pandangan mataku membaik.

Tampaknya ada ketidaknormalan pada mata dan saraf optikku.

“Kamu… sudah memaksakan dirimu dengan sangat keras. Aku akan memberikanmu perawatan kedua sebagai bonus”

“Terima kasih. Ada musuh yang gak biasa”

Sambil menahan keinginan untuk mengutuk skeleton itu, aku menggerakkan bahu untuk memeriksa kondisi tubuhku.

Hmm, sepertinya sudah sembuh sepenuhnya.

Mengejutkannya, tubuhku terasa ringan.

“Bisakah aku juga mengganti job?”

“Ada kristal di belakang. Kamu bisa menggunakannya”

“Ah, aku juga ingin mengganti job!”

Adikku, yang sedang memeriksa peralatan yang dipajang, berlari mendekati kami.

Dengan mengganti job, seseorang bisa memperoleh berbagai skill dan menggunakan berbagai strategi bahkan dalam pertempuran biasa.

Di dunia ini, kemampuan untuk mengubah job dianggap sebagai upacara peralihan bagi para petualang, dan adikku sepertinya menantikannya.

“Jadi, kristal ini untuk mengganti job ya? Terlihat biasa saja”

Sebuah kristal transparan dengan diameter sekitar 15 cm diletakkan di atas tumpukan kain berlapis-lapis.

Di dalam game, ketika menyentuhnya, antarmuka secara otomatis terbuka dan memandu melalui prosesnya…

Aku dengan lembut menyentuhnya.

Kemudian, antarmuka sensorik muncul di pikiranku.

Rasanya seperti angka-angka yang melayang di kepala sambil dilakukan perhitungan.

“Ini agak sulit dipahami”

Karena aku gak bisa membandingkan nilainya dan membuat penilaian, itu sulit bagiku.

Aku bertanya-tanya apakah akan lebih baik menuliskan nilai-nilai yang terbayang di atas kertas atau perangkat sambil melihatnya dengan cermat, seperti layar komputer.

“Level… 19!? Sudah naik cukup tinggi. Jadi, itu berarti skeleton itu sekitar level 25?”

“Apa!? Jadi level ku yang 11 juga naik. Kenapa ada sesuatu seperti itu di lantai 7?”

“Ntahlah. Aku juga gak tau”

Saat aku melanjutkannya, aku menemukan opsi pergantian job.

Saat ini, ada tiga job yang tersedia untuk pergantian job: job basic yang dikenal sebagai [Fighter], [Caster], dan [Thief].

Persyaratan untuk mengambil job ini adalah level job 5 atau lebih tinggi sebagai [Newbie] dan persyaratan statistik minimum tertentu.

Untuk [Fighter], statistik yang dibutuhkan adalah STR; untuk [Caster], adalah INT; dan untuk [Thief], adalah AGI, semuanya dengan minimum 20.

Karena baik adikku maupun aku sudah mencapai level 19, seharusnya kami sudah memenuhi semua statistik yang diperlukan.

“Job mana yang akan kamu ambil, Onii-chan?”

“Baiklah, mari kita lihat. Aku ingin belajar skill [Feint] dari kelas [Thief] secepat mungkin, tapi… karena kita tiba lebih awal dari yang direncanakan dan memiliki sedikit waktu luang, mungkin lebih baik untuk pertama-tama belajar serangan sihir sebagai [Caster]”

Dari sekarang, kami akan menghadapi monster dengan resistensi serangan fisik atau kekebalan fisik.

Akan lebih baik memiliki cara serangan selain serangan fisik.

Meskipun mungkin bisa menggunakan senjata atribut yang diisi dengan sihir, saat ini hanya diketahui adanya harta nasional senilai miliaran, yang dimiliki oleh beberapa petualang.

Meskipun kami punya uang, itu bukan sesuatu yang bisa didapatkan dengan mudah.

“Senjata ber atribut adalah senjata utama Kotaro-sama, bukan?”

“Mungkin. Efek merah itu kemungkinan adalah sihir tipe api”

Taro Tazato, pemimpin klan Colors, juga menggunakan pedang dengan sihir atribut.

Itu juga ditunjuk sebagai salah satu senjata harta nasional tertinggi di Jepang.

Mendapatkan senjata ber atribut terbatas hingga sekitar lantai ke-30, membuatnya menjadi langka.

“Alasan mengapa senjata api menjadi ketinggalan zaman adalah karena ada monster yang tahan terhadap serangan fisik, kan?”

“Seperti monster Lich dan Slime”

Ketika dungeon muncul di dunia ini pada awal era Showa, yang merupakan awal dari penjelajahan dungeon dunia ini, senjata utama adalah bayonet.

Di dunia asli, senjata api juga yang terkuat dalam pertarungan jarak dekat, dan jelas bahwa pedang tidak sebanding dengan senapan mesin.

Tentu saja, senjata api juga ada di dunia ini.

Bahkan jika kau berburu orc, kau seharusnya bisa mengalahkan mereka lebih cepat dan lebih aman menggunakan senapan dari jarak jauh daripada pedang.

Lalu mengapa para petualang di dunia ini tidak menggunakan senjata api?

Di lantai 10 dan seterusnya, ada monster yang merepotkan yang kebal secara fisik, memiliki resistensi fisik, atau bahkan memiliki resistensi terhadap proyektil.

Meskipun mungkin untuk mengabaikan monster-monster itu dan terus maju, ada juga monster, seperti bos lantai, yang tidak bisa diabaikan dari segi strategi.

Mengandalkan serangan fisik saja akan sia-sia.

Faktanya, pada tahap awal menjelajah dungeon, ada kasus-kasus di mana kemajuan terhenti sekitar lantai ke-15.

Selain itu, senjata api tidak memiliki kemampuan yang sesuai, dan sulit untuk mendapatkan manfaat dari peningkatan fisik melalui kenaikan level atau perubahan job.

Di sisi lain, saat kau semakin dalam menjelajahi dungeon, monster-monster menjadi lebih kuat, lebih cepat, memiliki berbagai resistensi, dan menggunakan metode serangan yang kuat.

Melawan lawan kelas Volgemuth yang ditemui di lantai ke-7, menembak peluru kemungkinan besar tidak akan menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Jika tujuannya terbatas pada menaklukkan lantai-lantai dangkal, mungkin bisa diterima.

Namun, jika kau berniat untuk menjelajah lebih dalam, disarankan untuk fokus pada senjata dengan kemampuan yang sesuai atau melatih menggunakan sihir.

Terbukti bahwa pendekatan ini akan menghasilkan kekuatan yang lebih besar dalam jangka panjang.

(Yah, selain itu, jika ada begitu banyak petualang di bawah lantai ke-10, menggunakan senjata api akan berbahaya)

Mengingat monster-monster yang menanti di depan, bijaksana bagiku atau adikku, atau mungkin kami berdua, untuk memperoleh sihir.

Selain menggunakan serangan sihir, juga akan menguntungkan untuk memperoleh skill <<Fake>> dan <<Trap Detection I>> dari [Thief] atau skill <<Backstep>> dan <<Slot Skill +3>> dari [Fighter].

“Bisakah job diubah beberapa kali?”

“Ya, itu memungkinkan. Namun, level job akan direset”

Job bisa diubah sebanyak yang diinginkan, tapi level job direset menjadi 1, dan bonus status job* menurun.

(Bonus status diterima sebesar 100% saat level job mencapai MAX (10), tapi hanya 10% saat level job berada di level 1. Sebagai contoh, dengan level job 10 dari job [Fighter], baik STR maupun HP meningkat sebesar 10%, tapi dengan level job 1, keduanya hanya meningkat sebesar 1% masing-masing)

Namun, karena kau bisa meningkatkan levelnya lagi, itu bukanlah suatu kerugian yang besar.

Kembali ke job yang sudah ditingkatkan levelnya sebelumnya umum dilakukan untuk tujuan mendapatkan kembali skill atau bonus khusus job.

Hanya ingin memberitahumu, aku akan menjelaskan skill yang bisa diperoleh dan karakteristik job* kepada adikku.

 

*Data Job Basic untuk tiga tipe.

 

[Fighter] – Bonus 10% untuk STR dan HP

<<Slash>> – Dipelajari pada level job 2. Skill dengan pedang satu tangan dan pedang dua tangan.

<<HP Up I>> – LV 4

<<Full Swing>> – LV 5. Skill dengan kapak satu tangan dan kapak dua tangan.

<<Backstep>> – LV 7

<<Skill Slot +3>> – LV 9

<<Sword Mastery I>> – LV 10. Meningkatkan kekuatan serangan dan keahlian saat menggunakan senjata satu tangan.

 

[Thief] – Bonus 15% untuk AGI saja.

<<Fake>> – LV 2. Memalsukan status.

<<Stealth>> – LV 3. Membuat monster sulit memperhatikanmu.

<<Double Sting>> – LV 5. Menyerang dua kali dengan keterampilan belati.

<<Power Shot>> – LV 7. Keterampilan busur (menggunakan panah).

<<Lockpicking I>> – LV 9. Membuka kunci sederhana.

<<Trap Detection I>> – LV 10. Mendeteksi perangkap sederhana.

 

[Caster] – Bonus 10% untuk MP dan INT

<<Fire Arrow>> – LV 2. Panah dengan atribut. Atribut api.

<<Heal>> – LV 3

<<Ice Lance>> – LV 4. Tombak es. Atribut air.

<<Cure>> – LV 6. Mengobati dari gangguan status.

<<Wind Guard>> – Sihir pertahanan yang melindungi dari serangan jarak jauh. Atribut angin.

<<Meditation>> – LV 10. Regenerasi MP saat menggunakan keterampilan.

 

“Um, karena aku ingin menggunakan sihir, mungkin aku akan mencoba menjadi [Caster] terlebih dahulu. Bisakah aku menggunakan [Nitouryuu] saat menggunakan sihir?”

“Pada umumnya bisa. Namun, ketika menggunakan sihir, senjata mungkin menghalangi, jadi kau harus mempertimbangkan cara menggunakannya”

[Caster] tidak hanya belajar serangan sihir tetapi juga skill untuk menyembuhkan gangguan status yang sederhana.

Ini adalah job yang kau inginkan setidaknya ada satu orang dalam party yang memilikinya.

Jika kau memiliki slot skill ekstra yang tersedia, sangat layak untuk dipelajari.

“Baiklah, apakah sebaiknya aku mencoba menjadi [Fighter] atau [Thief]?”

[Fighter] belajar beberapa skill pertempuran jarak dekat, tapi yang paling penting adalah <<Skill Slot +3>> ini.

Ini adalah skill yang pasti ingin kau pelajari tanpa syarat.

Selain itu, ada juga keterampilan <<Backstep>>, yang memungkinkanmu menghindar ke belakang.

Ini bisa diaktifkan dengan mengganggu serangan normal atau gerakan skill tertentu, membatalkan tindakanmu dan melakukan penghindaran darurat ke belakang.

Skill tipe pembatalan seperti ini sangat berharga dalam pertempuran PvP dan pertempuran monster kuat tertentu, jadi sangat layak menggunakan slot skill untuk itu sampai kau mempelajari skill unggul <<Sway>>.

Dalam hal skill pertempuran, [Fighter] lebih unggul, tetapi mungkin ide yang bagus untuk hanya mempelajari skill <<Fake>> dari [Thief] sebagai tindakan pencegahan terhadap kebocoran informasi.

Di antara skill [Thief] lainnya, <<Trap Detection I>> juga merupakan skill yang berguna.

Jika kau memiliki slot skill ekstra, layak untuk dipelajari karena memudahkan menemukan perangkap yang merepotkan.

Namun, jika ada orang lain dalam party yang sudah punya skill itu, seharusnya sudah cukup.

“Nah, sepertinya aku akan menjadi [Thief] dulu”

Dengan tenang menempatkan tangan di atas kristal, kau hanya perlu menutup mata.

Kemudian, serangkaian angka diproyeksikan ke dalam pikiranmu.



Komentar